Masyarakat Global Makin Tertarik dengan Mobil Listrik

Masyarakat Global Makin Tertarik dengan Mobil Listrik
Stasiun pengisian baterai kendaraan listrik Tesla. Foto: Reuters

jpnn.com - EV-Volumes menyebutkan permintaan pada kendaraan ramah lingkungan di pasar global terus meningkat.

Terdapat setidaknya sekitar 662.400 mobil listrik plug-in baru telah didaftarkan pada Januari 2023.

Jumlah tersebut memberikan catatan yang positif jika dibandingkan dengan tahun lalu, meningkat sebesar 10 persen dan sekitar 11 persen dari total pasar.

Meski begitu, banyak yang mengharapkan bahwa tren kendaraan ramah lingkungan ini akan terus mencatatkan posisi yang positif dan dapat menembus penjualan sebanyak 1 juta unit dalam satu bulannya.

Pada kesempatan tersebut, untuk pendaftaran mobil BEV tercatat sebanyak 457.700 (naik 5 persen secara tahunan) dan market share 7,6 persen, PHEV sekitar 204.700 unit (naik 21 persen dari tahun ke tahun) dan pangsa pasar 3,4 persen.

Model yang paling banyak diburu oleh konsumen elektrik di antaranya Tesla Model Y yang terus menjadi mobil listrik terlaris (dan mobil isi ulang terlaris pada umumnya), dengan 54.417 pendaftaran baru pada Januari.

Mobil terpopuler kedua adalah BYD Song Plus (BEV dan PHEV dihitung bersama), dengan 49.889 unit (lebih dari 42.000 PHEV). Terbaik ketiga adalah Tesla Model 3 dengan 42.496 pendaftaran. Ketiga angka tersebut jauh di depan plug-in lainnya.

Meski begitu, secara volume BYD tetap menjadi merek teratas dalam hal volume penjualan mobil listrik plug-in bulanan.

EV-Volumes menyebutkan permintaan pada mobil listrik di pasar global terus mengalami peningkatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News