Mata FIFA Akhirnya Terbuka

Hawk Eye Mulai Digunakan Tahun Depan

Mata FIFA Akhirnya Terbuka
Mata FIFA Akhirnya Terbuka
ZURICH - Otoritas sepakbola dunia (FIFA) bertahun-tahun menolak melibatkan teknologi dalam pertandingan. Namun Jumat (6/7), organinasi pimpinan Sepp Blatter itu melunak dengan memperkenalkan sistem baru bernama Hawk-Eye.

   

Teknologi ini bisa membantu wasit untuk melihat dengan akurat apakah bola sudah melewati garis gawang atau tidak. Pasangan Hawk-Eye adalah GoalRef Technology. Kedua sistem ini digunakan secara bebarengan dan simlutan memperjelas terjadinya gol dan menghentikan perdebatan.

Sistem ini langsung digunakan pada English Premier League (EPL) musim 2012-2013. Biaya untuk membangun teknologi ini mencapai EUR 200 ribu (sekitar Rp 2,3 miliar) per stadion.

Dua teknologi ini sudah disetujui oleh Internasional FA Board (IFAB) di Zurich, Swiss. Organisasi ini akan menyupalai Hawk-Eye dan GoalRef ke 20 klub Liga Inggris Januari lalu. Sistem ini juga sudah digunakan pada babak semifinal dan final Piala FA 2013. 

ZURICH - Otoritas sepakbola dunia (FIFA) bertahun-tahun menolak melibatkan teknologi dalam pertandingan. Namun Jumat (6/7), organinasi pimpinan Sepp

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News