Mata-mata Cantik Ikut Tertangkap

11 Orang yang Dituduh Spionase

Mata-mata Cantik Ikut Tertangkap
AGEN - Anna Chapman, yang diduga sebagai agen rahasia Rusia, dalam salah satu foto sehari-harinya yang dipublikasikan. Foto: AP Photo.
NEW YORK - Pengungkapan skandal di dunia intelijen yang melibatkan dua negara besar, Amerika Serikat dan Rusia, terus diungkap. Polisi Negeri Paman Sam menangkap sebelas orang yang diduga mata-mata Kremlin yang menyusup ke sejumlah lembaga strategis. Salah satu tersangka diidentifikasi sebagai Anna Chapman, wanita cantik yang justru tidak menutup diri seperti agen intelijen lainnya.

Biro Investigasi AS (FBI) menggambarkan wanita 28 tahun itu sebagai agen rahasia yang cerdas. Bekerja sama dengan jaringan operasi lainnya, Anna kemudian dijebak dan ditangkap FBI di sebuah kafe di Manhattan.

Meski AS menyatakan bahwa operasi intelijen jaringan agen Rusia itu bersifat rahasia, Chapman berbeda. Dia malah membuka identitasnya di sebuah situs jejaring sosial di Rusia, Odnoklassniki yang berarti Teman Sekelas. Dia mengunggah informasi dan foto tentang dirinya sehingga semua orang bisa melihat.

Wakil Jaksa Agung AS Michael Farbiarz meminta semua bukti yang terkait dengan Chapman dihancurkan. "Dia adalah agen yang dilatih dengan sangat baik, seorang agen Rusia yang hebat," katanya seperti dilansir Agence France-Presse.

NEW YORK - Pengungkapan skandal di dunia intelijen yang melibatkan dua negara besar, Amerika Serikat dan Rusia, terus diungkap. Polisi Negeri Paman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News