Mbak Puan: Waisak Momentum Saling Membantu dan Menjaga Kerukunan

Mbak Puan: Waisak Momentum Saling Membantu dan Menjaga Kerukunan
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak umat Buddha di tanah air untuk membangun nilai-nilai luhur bangsa, sekaligus merefleksikan kembali ajaran-ajaran Sidharta Buddha Gautama.

Puan mengatakan ajaran Sidharta Buddha Gautama yang berisi nilai-nilai universal, falsafah kehidupan mendalam, dan pencerahan tentang hakekat.

"Secara garis besar Waisak tahun ini mengingatkan semua untuk lebih dan terus menjaga memelihara kerukunan atau moderasi antar umat beragama," kata Puan, Senin (16/5/2022).

Puan menjelaskan, nilai-nilai universal dharma Sang Buddha tersebut penting artinya dalam membangun bangsa yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.

“Saya mengajak umat Buddha untuk senantiasa merenungkan kembali apa yang disampaikan Sang Buddha dan menebarkan kebaikan kepada sesama," ajak Puan.

Mantan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) itu menambahkan bahwa Waisak tahun ini dirayakan masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, ajaran Buddha untuk saling membantu sesama di masa sulit ini sangat relevan.

“Pendidikan Buddhist dengan tujuan keadilan sosial dan perdamaian dunia adalah sebuah tekad yang ingin dibentuk oleh umat Buddha," kata Puan.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak umat Buddha di tanah air untuk membangun nilai-nilai luhur bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News