Mega-Prabowo Galang Kontrak Politik

Mega-Prabowo Galang Kontrak Politik
Mega-Prabowo Galang Kontrak Politik
JAKARTA -- Jika memenangkan pertarungan pilpres 2009, dalam menjalankan roda pemerintahan pasangan Jusuf Kalla-Wiranto (JK-Win) akan langsung menjalankan program-programnya yang disampaikan saat kampanye. Juru Bicara Tim Kampanye Nasional pasangan JK-Win, Poempida Hidayatullah mengatakan, kepemimpinan JK-Win akan lebih cepat mengeluarkan kebijakan, namun tetap terukur.

"Alhamdlillah, saya mendukung capres yang satu kata satu perbuatan. Tak perlu kontrak politik dengan elemen-elemen masyarakat,karena apa yang diucapkan pasti akan dilakukan secara cepat, tapi secara periodik dan terukur," ungkap Poempida Hidayatullah dalam diskusi bertema 'Kontrak Politik Capres' di Jakarta, Sabtu (13/6). Namun, dia tetap mengapresiasi model-model kontrak politik dengan elemen-elemen masyarakat seperti dilakuka pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto, seperti yang kerap dilakukan pada masa kampanye pilpres saat ini.

Dijelaskan Poempida, kontrak politik bisa berbentuk formal dan informal. Yang formal, seluruh pasangan capres-cawapres sudah menyampaikan program-programnya secara tertulis kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Juga, bentuk-bentuk kontrak politik dengan elemen masyarakat. Sedang yang secara informal, disampaikan secara lisan di saat kampanye kepada masyarakat. "Namun, meski hanya informal, secara moral legitimasinya juga tinggi," ujarnya.

Diakui Poempida, pasangan JK-Win tidak memilih model kontrak politik formal yang dilakukan dengan elemen-elemen masyarakat. Alasannya, yang terpenting dari seorang pemimpin adalah bukan membuat perjanjian di atas kertas bermaterai, tapi komitmennya untuk satu kata satu perbuatan. Terlebih, sebenarnya apa yang diucapkan para capres-cawapres saat kampanye pasti terdokumentasi oleh media massa. "Di jaman modern seperti sekarang ini, semua tercatat oleh media dan malaikat. Apa yang diucapkan pasangan JK-Win merupakan komitmen moral yang pasti akan dilaksanakan, karena kalau tidak, masyarakat akan menagihnya," paparnya.

JAKARTA -- Jika memenangkan pertarungan pilpres 2009, dalam menjalankan roda pemerintahan pasangan Jusuf Kalla-Wiranto (JK-Win) akan langsung menjalankan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News