Mei, PLN Tenderkan Proyek PLTS di 100 Pulau

Mei, PLN Tenderkan Proyek PLTS di 100 Pulau
Mei, PLN Tenderkan Proyek PLTS di 100 Pulau
JAKARTA- Keseriusan PT PLN (Persero) meningkatkan pemakaian tenaga listrik dari energi baru dan terbarukan terus dilakukan. Setelah menandatangani Perjanjian Jual Beli Listrik (PJBL) dengan para pengembang panas bumi sebesar 460 Megawatt, dalam waktu dekat ini PLN juga akan menenderkan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

"Komitmen PLN untuk meningkatkan pemakaian listrik dari energi baru dan terbarukan bukan saja berasal dari panas bumi, tapi juga dari energi terbaru lainnya. Pada Mei tahun ini kita rencananya akan menenderkan proyek listrik dengan menggunakan tenaga Surya yang akan diadakan di 100 Pulau di bagian Indonesia Timur,’’ ungkap Dirut PT PLN, Dahlan Iskan usai menandatangani PJBL panas bumi dengan PT PGE dan PT Westindo Utama Karya di Wisma Bisnis Indonesia, Jumat (11/3).

Namun Dahlan tidak menyebutkan secara pasti total kapasitas daya listrik yang akan ditenderkan di 100 pulau tersebut. Hanya saja menurutnya, di satu pulau kapasitasnya ada yang sampai 1 Megawatt. "Kita targetkan paling lambat pada akhir tahun 2011 ini proyeknya sudah selesai dan siap untuk digunakan masyarakat,’’ terang Dahlan.

Dikatakannya, anggaran yang disiapkan untuk pengadaan ini sebesar Rp 1 triliun yang berasal dari Anggaran PLN. Alasan PLN kenapa pengadaan PLTS ini diadakan di pulau yang semuanya di Indonesia bagian Timur, di daerah tersebut paling mudah adalah dengan menggunakan tenaga matahari. ‘’  Selama ini kita kan sulit mengatasi listrik di sana. Pembangkit dengan menggunakan BBM biayanya mahal, sumber air dan panas bumi tidak ada, jadi yang paling mendukung adalah dengan matahari,’’ tukasnya.

JAKARTA- Keseriusan PT PLN (Persero) meningkatkan pemakaian tenaga listrik dari energi baru dan terbarukan terus dilakukan. Setelah menandatangani

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News