Melestarikan Budaya Gotong Royong Lewat Satgas SBJ

Melestarikan Budaya Gotong Royong Lewat Satgas SBJ
Satuan Tugas Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXV TNI Angkatan Laut sedang memberikan pelayanan kepada pasien. FOTO: Dok. Dispenal

jpnn.com - JAKARTA - Budaya gotong royong merupakan salah satu kekuatan pemersatu bangsa kita. Banyak cara bagi warga dan jajaran pemerintah untuk menghidupan budaya ini.

Salah satunya dengan membentuk Satuan Tugas Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXV TNI Angkatan Laut. Satgas SBJ yang terdiri dari berbagai unsur kementerian dan lembaga sosial melaksanakan beberapa Kegiatan bakti sosial berupa Pelayanan Kesehatan dan renovasi sarana dan prasarana publik di berbagai tempat. Yakni di Pulau Karimata, Pulau Pelapis, dan Dusun Besar, Tanjung Satai Di desa Simpang Tiga Kecamatan Sukadana, Kayong Utara, Kalbar.

Kegiatan SBJ tahun 2016 ini dalam rangka Kegiatan Sail Selat Karimata 2016 Operasi SBJ tahun 2016 dipimpin Kolonel Laut (P) Robertus Tjahyo Waskito. Ia sehari-hari menjabat Komandan Satuan Kapal Bantu Komando Armada RI Kawasan Barat (Dan satbanarmabar).

Dinas Penerangan TNI AL dalam rilisnya menyebutkan, kegiatan Satgas SBJ di Simpang Tiga  memberikan pelayanan kesehatan kepada Masyarakat Adapun pelayanan kesehatan ini meliputi kesehatan Umum, kesehatan mata, kesehatan gigi, penyakit dalam, kesehatan ibu dan Anak serta bedah mayor dan minor.

Pelayanan ini melibatkan tim medis sebanyak 115 personel yang terdiri dari dokter-dokter Umum, spesialis serta para medis yang berasal dari Satuan-satuan TNI AL seperti Mabesal, Kormar, Koarmabar, Lantamal III, RS Mintoharjo, serta bantuan dari medis (dokter-dokter) dari Undip dan UI.
Pelayanan kesehatan di Simpang Tiga dilaksanakan selama dua hari (6 dan 7 Okt) semuanya di laksanakan  di darat, mengingat cuaca di perairan Sukadana ombak cukup Besar disertai angin kencang, Pada saat  itu Pasien yang akan melaksanakan  operasi di KRi tidak bisa diangkut menuju Kapal karena cuaca buruk. Pelaksanakan pelayanan kesehatan di pusatkan di Sekolah Dasar Simpang Tiga.

Jumlah Masyarakat Simpang Tiga yang memanfaatkan pelayanan kesehatan sebanyak 1161,  pada hari Pertama  705 sedangkan hari ke dua 456. Adapun  pelayanan kesehatan meliputi kesehatan  umum sebanyak 249, gigi 103, mata 339,  kesehatan Anak 96, kebidanan 47,   bedah 34, THT 26,  penyakit dalam 135,  penyakit kulit 61,  dan khitan sebanyak 71 orang.

Selain memberikan pelayanan kesehatan, Satgas SBJ juga memperbaiki sarana dan prasarana umum yang rusak seperti SD Simpang Tiga, Poskesdes Tanjung Gunung, Pustu Sei Belit dan pembersihan lingkungan sekitar Kantor Desa Simpang Tiga, Sedangkan kegiatan non fisik yang dilaksanakan Satgas SBJ.

Di antaranya memberikan penyuluhan tentang kesehatan, narkoba, hukum, bela negara, masalah keangkatanlautan dan kemaritiman di Sekolah SMA 2 Sukadana serta pemberian bahan kontak berupa beras, biskuit, pigura,  peralatan olahraga, Alquran dan buku-buku serta majalah cakrawala.

JAKARTA - Budaya gotong royong merupakan salah satu kekuatan pemersatu bangsa kita. Banyak cara bagi warga dan jajaran pemerintah untuk menghidupan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News