Memalukan, Keturunan Pahlawan Nasional Terlibat Kasus Korupsi

Memalukan, Keturunan Pahlawan Nasional Terlibat Kasus Korupsi
Petugas polisi Tiongkok pada hari pembukaan Kongres Rakyat Nasional (NPC) setelah wabah penyakit virus corona (COVID-19), di Beijing, Jumat (22/5/2020). Foto: ANTARA/REUTERS/Thomas Peter/aa

jpnn.com, BEIJING - Komisi Pusat Partai Komunis Tiongkok untuk Inspeksi Disiplin (CCDI), yang berfungsi sebagai lembaga antikorupsi, melakukan penyelidikan terhadap seorang pejabat setempat yang masih keturunan pahlawan nasional.

Lin Dong, mantan Sekretaris Partai Komunis Tiongkok (CPC) Provinsi Hainan yang pernah menjabat Direktur Perhubungan setempat, diduga melakukan pelanggaran serius, demikian disebutkan dalam laman CCDI, Senin (30/11).

Lin Dong merupakan anak lelaki laksamana laut Lin Zun yang sangat terkenal di Tiongkok dan masih keturunan pahlawan nasional Lin Zexu.

Lin Dong, yang berusia 60 tahun, pernah menduduki jabatan utama di Pemerintah Provinsi Hainan, termasuk menjadi Wali Kota Danzhou dan anggota Komite Tetap CPC Hainan. Dia pensiun pada Maret 2020.

Warganet di sosial media Tiongkok menyatakan kekecewaannya terhadap Lin Dong karena keturunan pahlawan seharusnya menjadi teladan.

Lin Zexu merupakan pejabat penting di masa Dinasti Qing (1644-1911). Dia mendapatkan gelar pahlawan atas sikap patriotisnya dalam sejarah Tiongkok modern.

Dia juga terkenal atas perlawanan sengitnya dalam Perang Candu Pertama (1839-1942) melawan Inggris.

Selain di daerah kelahirannya di Provinsi Fujian, patung Lin Zexu juga berdiri di Tiongkok Town Manhattan, New York, Amerika Serikat.

Seorang pejabat yang juga keturunan pahlawan nasional diselidiki atas dugaan tindak pidana korupsi, sungguh memalukan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News