Memet Wariskan Utang Pilkada Rp 40 M

Memet Wariskan Utang Pilkada Rp 40 M
Memet Wariskan Utang Pilkada Rp 40 M
GAJAH  mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. Nah, mantan Sekda Bekasi Memet Rochamat, bukan hanya meninggalkan nama, tapi juga mewariskan utang. Tidak tanggung-tanggung, pensiunan PNS ini ‘mewariskan’ utang hingga Rp40 miliar sebagai buntut kekalahannya dalam pilkada Bekasi 2007 lalu.

Sepupu Memet, Lukman mengungkapkan, utang-utang tersebut lantaran sikapnya yang royal dan mudah percaya pada orang. ’’Sejak pencalonan ada 70 unit Yamaha RX King baru yang dibelikan untuk 70 mandor di wilayah utara Kabupaten Bekasi. Belum lagi puluhan mobil untuk sejumlah kepala mandor,’’ ujar Lukman yang mengaku selalu menemani Memet saat membeli kendaraan baru untuk para mandor.

Untuk melunasi utang, sambung Lukman, mantan sekda periode 2002-2003 ini menjual berbagai asetnya. Tapi, tetap saja penjualan aset tersebut tidak mampu melunasi keseluruhan utang. ’’Saham 60 persen di perumahan dijual, saham 65 persen di PT Maruta Bumi Putera juga dilepas, tapi belum ketutup,’’ tegasnya.

Jor-joran membiayai ongkos politik juga dilakoni Memet. Saat menggugat keputusan KPUD Kabupaten Bekasi atas hasil pilkada miliaran rupiah dirogohnya. Tercatat biaya yang ditanggung putra Kuningan ini hingga ke Mahkamah Agung mencapai Rp2 M. ’’Ke MA Rp2 miliar. Bayar pengacara Rp500 juta. Tapi ya tetap saja kalah,’’ tegasnya.

GAJAH  mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. Nah, mantan Sekda Bekasi Memet Rochamat, bukan hanya meninggalkan nama, tapi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News