Memperkuat Wawasan Kebangsaan, Ratusan Pelajar SMAN 1 Jonggol Sambangi MPR

Memperkuat Wawasan Kebangsaan, Ratusan Pelajar SMAN 1 Jonggol Sambangi MPR
Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal MPR RI Siti Fauziah saat menerima ratusan pelajar SMA 1 Jonggol di ruang rapat Gedung Nusantara V, Kompleks MPR, Senayan Jakarta, Kamis (5/3). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Sekitar 456 pelajar dan 16 guru pembimbing dari SMA Negeri 1 Jonggol, Jawa Barat, Kamis (5/3/2020) mengunjungi Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI). Delegasi diterima langsung oleh Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal MPR RI Siti Fauziah di ruang rapat Gedung Nusantara V, Kompleks MPR, Senayan Jakarta.

Pimpinan rombongan, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan Didih Wastidjo menyampaikan apresiasi sedalam-dalamnya atas penerimaan yang sangat hangat dari MPR.

“Kunjungan ini adalah kunjungan kedua kami ke gedung MPR.  Walaupun begitu. kami terutama anak-anak didik sangat antusias sekali berkunjung ke MPR. Bahkan, hujan yang tak kunjung henti sejak kami berangkat dari Jonggol selepas Subuh tadi, tak menyurutkan antusias kami. Sebab, ditempat inilah kesempatan para anak didik untuk menyaksikan secara nyata, jelas pusat sistem ketatanegaraan Indonesia, tempatnya para Wakil Rakyat bersidang untuk kemakmuran rakyat,” katanya.

Tujuan utama kedatangan rombongan, lanjut Didih, adalah dalam rangka memperkuat wawasan pengetahuan seputar kebangsaan para pelajar, tentang tugas-tugas dan wewenang lembaga negara khususnya lembaga MPR, dengan menimba langsung wawasan tersebut dari sumbernya di MPR RI. 

“Harapan kami adalah, dari kunjungan ini, para pelajar bisa semakin memahami pelajaran-pelajaran tentang ketatanegaraan, tentang kebangsaan, tentang Pancasila.  Dalam kata lain, para anak didik kami perkenalkan dengan dunia nyata tempatnya orang-orang hebat bersidang. Mudah-mudahan akan menginspirasi mereka bercita-cita ingin menjadi wakil rakyat,” ujarnya.

Siti Fauziah di hadapan para pelajar dan para guru pendamping mengucapkan selamat datang. “Selamat datang, di Gedung Nusantara V kompleks Gedung MPR yang merupakan Rumah Rakyat Indonesia. Di sini adalah rumah kalian, jadi jangan sungkan-sungkan. Apalagi kalian generasi muda bangsa.  Siapa tahu di masa mendatang, ada beberapa dari kalian yang duduk di sini menjadi anggota MPR dan menjadi Pimpinan MPR,” sapanya, disambut koor seruan ‘aammiiin’ seluruh pelajar.

Usai menerima para rombongan dengan hangat, Siti Fauziah atau akrab disapa Ibu Titi, di kesempatan tersebut juga memberikan paparan materi seputar konstitusi, seputar parlemen dan Sosialisasi Empat Pilar MPR. Dikatakannya, konstitusi atau UUD NRI Tahun 1945 adalah sumber hukum tertulis tertinggi di negara Indonesia.

“Yang perlu dipahami adik-adik pelajar adalah soal penyebutan UUD.  Kalau dulu sebelum diamandemen penulisan dan penyebutan UUD adalah UUD 1945.  Pasca amandemen, menjadi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD NRI Tahun 1945).  Ini adalah pengetahuan dasar yang mesti diketahui para pelajar,” ungkapnya.

Sekitar 456 pelajar dan 16 guru pembimbing dari SMA Negeri 1 Jonggol, Jawa Barat, Kamis (5/3/2020) mengunjungi MPR RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News