Menag: Jemaah Umrah Indonesia Sudah Diizinkan Arab Saudi, Desember Siap Berangkat

Menag: Jemaah Umrah Indonesia Sudah Diizinkan Arab Saudi, Desember Siap Berangkat
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan kerajaan Arab Saudi telah memberikan izin perjalanan bagi jemaah umrah Indonesia mulai 1 Desember 2021.

Dia menyebutkan izin yang diberikan itu merupakan kabar baik bagi Indonesia mengingat banyaknya jemaah umrah yang tertunda akibat pandemi COVID-19.

Hingga saat ini, kata Yaqut, berdasarkan data sistem informasi pengawas terpadu umrah dan haji khusus (Siskopatuh) jumlah jemaah umrah yang tertunda hampir mencapai 60 ribu orang.

"Sampai saat ini terdapat 59.757 jemaah umrah yang tertunda keberangkatannya karena pandemi Covid-19," ujar Yaqut dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (30/11).

Politikus PKB itu juga mengungkapkan dari jumlah tersebut, hampir 19 ribu calon jemaah sudah memiliki visa Arab Saudi.

"Dari jumlah ini, terdapat 18.752 orang yang sudah memegang visa dan siap untuk diberangkatkan," terangnya.

Dia juga menyatakan para jemaah yang tertunda melaksanakan umrah ini akan diprioritaskan pemerintah untuk diberangkatkan.

"Jemaah umrah yang tertunda keberangkatannya menjadi prioritas yang diberangkatakan pada tahap awal dibukanya penyelenggaraan umrah di bulan Desember nanti," ujar Yaqut. (mcr8/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyebut jumlah jemaah umrah yang keberangkatannya tertunda akibat pandemi COVID-19 hampir mencapai 60 ribu orang.