Menag Kecam Perlakuan India Terhadap Umat Muslim

Menag Kecam Perlakuan India Terhadap Umat Muslim
Menteri Agama Fachrul Razi saat konferensi pers di Komisi VIII DPR, Kamis (30/1). Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, PANGKAL PINANG - Menteri Agama Fachrul Razi Batubara mengecam keras perlakuan tidak adil pemerintah India terhadap umat Islam di negara tersebut.

"India memberikan status kewarganegaraan kepada semua imigran bermacam-macam agama, kecuali beragama Islam," kata dia usai menutup Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII di Pangkalpinang.

Menurut dia, pernyataan pemerintah India itu sebagai tidak adil bagi umat Islam dan hal itu mengganggu pemikiran serta hati nurani semua orang.

"Kami beranggapan penyataan ini bukanlah ajaran agamanya, hanyalah sikap dari pemerintah dan kelompok-kelompok tertentu yang ada di India," ujarnya.

Dia mengatakan dua hari yang lalu, berdiskusi dengan Sekjen Liga Dunia Islam, Syekh Abdul Karim Al Isya.

Pada kesempatan itu, dia banyak bercerita tentang Islam moderat, terbuka, berkemajuan, dan Islamphobia.

Islam fobia itu, katanya, kelompok-kelompok orang yang mendengar Islam saja sudah antisekali.

"Pada saat itu, saya bertanya, menurut anda (Syekh Abdul Karim Al Isya, red.) apa penyebabnya, dan dibilang banyak orang belum memahami Islam dan di dalam hati saya juga disaat itu, banyak orang Islam yang memberikan pengertian Islam yang salah kepada umat agama lain," katanya

Pernyataan pemerintah India itu sebagai tidak adil bagi umat Islam dan hal itu mengganggu pemikiran serta hati nurani semua orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News