Menaker Ida Fauziyah Beber Kemnaker Sudah Bangun 3.757 BLK Komunitas Selama 6 Tahun

Menaker Ida Fauziyah Beber Kemnaker Sudah Bangun 3.757 BLK Komunitas Selama 6 Tahun
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat menghadiri acara peresmian BLK Komunitas Program Pembangunan 2022 dan Festival Kemandirian BLK Komunitas di Yayasan Ponpes Manhalul Ma`arif Darek, Lombok Tengah, Jumat (10/2). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah membangun 3.757 balai latihan kerja (BLK) Komunitas selama 6 tahun dalam periode 2017-2022.

Hal itu disampaikan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di acara peresmian BLK Komunitas Program Pembangunan 2022 dan Festival Kemandirian BLK Komunitas di Yayasan Ponpes Manhalul Ma`arif Darek, Lombok Tengah, Jumat (10/2).

Di hadapan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, Menaker Ida menyampaikan BLK Komunitas sebagai lembaga pelatihan berbasis masyarakat menjadi solusi untuk mengatasi ketertinggalan sumberdaya manusia dan kesenjangan kompetensi masyarakat di perdesaan dan wilayah-wilayah pinggiran.

Urgensi dan manfaat BLK Komunitas dalam mengatasi kesenjangan kompetensi itu terbukti nyata, salah satunya di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Menaker Ida menyebutkan setelah ditetapkannya KEK Mandalika menjadi salah satu destinasi pariwisata superprioritas, pasar kerja dan peluang usaha terbuka lebar.

Namun masalahnya, pasar kerja dan peluang usaha itu tidak serta merta menyerap tenaga kerja lokal untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan di kawasan tersebut.

Kondisi tersebut terjadi lantaran masyarakat lokal umumnya belum memiliki kompetensi yang sesuai dengan pasar kerja di hotel-hotel, restoran dan lain-lain.

Kesenjangan inilah yang menyebabkan keberadaan kawasan strategis nasional itu belum dapat menyerap tenaga kerja lokal.

Menaker Ida Fauziyah membeberkan Kemnaker sudah membangun 3.757 BLK Komunitas selama periode 2017-2022

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News