Menakertrans Resmikan Balai Pelayanan TKI Terpadu Jawa Barat

Menakertrans Resmikan Balai Pelayanan TKI Terpadu Jawa Barat
Menakertrans Resmikan Balai Pelayanan TKI Terpadu Jawa Barat
JAKARTA—Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengungkapkan bahwa pihaknya telah meresmikan Balai Pelayanan TKI Terpadu Jawa Barat. Keberadaan pelayanan online dan satu atap ini diharapkan dapat menghindari pemalsuan dokumen calon TKI, menghapus risiko calon TKI dari tindak percaloan liar dan mencegah pengiriman TKI illegal.

Menurutnya, Balai Pelayanan TKI Terpadu Jawa Barat yang menggunakan sistem online ini,  sangat dibutuhkan oleh daerah-daerah yang menjadi kantong TKI agar keberadaan calon TKI/TKI dapat diketahui secara pasti. Untuk ke depannya model Balai Pelayanan TKI Terpadu seperti ini akan dibangun di seluruh Indonesia.

“Pelayanan itu mencakup pendataan proses dokumen calon TKI yang akan bekerja di luar negeri, data kepulangan TKI, dan data untuk pengaduan permasalahan TKI. Sistem pelayanan TKI online terpadu ini merupakan yang pertama dan menjadi projek percontohan di Indonesia,” kata Muhaimin Iskandar di Gedung Kemenakertrans, Jakarta,  Rabu (9/2).

Muhaimin menjelaskan, keberadaan Balai Pelayanan TKI Terpadu dimaksudkan untuk memudahkan proses pendataan sistem online yang menjadi basis data bagi calon TKI yang ada di tiap daerah. Kegiatannya memadukan pelayanan  antar instansi layanan TKI dalam satu kantor bersama dengan menjalankan prinsip mudah, murah, cepat, dan aman. "Pendataan TKI tersebut dilaksanakan melalui dinas tenaga kerja secara benar, tepat, dan sah. Selanjutnya pendataan TKI online ini akan terpusat di sistem pendataan BNP2TKI namun bisa diakses bersama dengan semua dinas tenaga kerja di wilayah Jawa Barat," ujar Muhaimin.

JAKARTA—Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengungkapkan bahwa pihaknya telah meresmikan Balai Pelayanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News