Menang Olimpiade Bukan Jaminan Bisa Terima Beasiswa

Menang Olimpiade Bukan Jaminan Bisa Terima Beasiswa
Menang Olimpiade Bukan Jaminan Bisa Terima Beasiswa
JAKARTA — Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal menyatakan, tidak semua pemenang olimpiade di bidang pendidikan harus mendapatkan beasiswa dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas). Menurutnya, perolehan beasiswa untuk para pemenang ditentukan berdasarkan kualifikasi dan jenis olimpiade yang diikuti.

“Kita dalam memberikan beasiswa untuk para pemenang olimpiade ada prosedur berjenjang. Hanya (olimpiade) yang berkualifikasi yang pemenangnya dapat menerima beasiswa. Kalau tidak masuk kualifikasi, ya tidak dapat,” ungkap Fasli ketika ditemui usai acara pertemuan Rektor di Gedug Kemdiknas, Jakarta, Rabu (8/7).

Dikatakan, pihaknya memiliki daftar kualifikasi dan jenis olimpiade yang berhak memperoleh hadiah berupa beasiswa pendidikan. Bahkan, lanjut Fasli, sudah ada Surat Keputusan (SK) Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah yang mengatur tentang pemberian beasiswa bagi pemenang olimpiade tersebut.

“Kita ada daftarnya, dan jenis olimpiade apa saja yang masuk kualifikasi. Karena terkadang, ada olimiade yang hanya diikuti 7 negara atau 10 negara. Padahal, olimpiade yang masuk kualifikasi tersebut harus diikuti oleh negara-negara yang tingkat kompetensiya cukup tinggi di dunia,” jelas Fasli.

JAKARTA — Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal menyatakan, tidak semua pemenang olimpiade di bidang pendidikan harus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News