Mendagri Minta Polisi Cepat Tanggap Menguak Akar Rusuh Tolikara

Mendagri Minta Polisi Cepat Tanggap Menguak Akar Rusuh Tolikara
Tjahjo Kumolo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - TOLIKARA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berharap Pemda Kabupaten Tolikara, Papua dapat dengan cepat menggerakkan dan mengorganisir masyarakat untuk bergotongroyong membangun Kabupaten Tolikara.

Harapan dikemukakan Mendagri Tjahjo Kumolo, menyusul adanya kerusuhan yang berujung pembakaran sejumlah rumah penduduk dan tempat ibadah umat Islam, pada perayaan Idul Fitri, Jumat (17/7) lalu di Tolikara.

“Harapan saya sampaikan dalam pertemuan dengan jajaran Pemda Kabupaten Tolikara, khususnya kepada Bupati dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida),” ujar Tjahjo, Senin (20/7).

Menurut Tjahjo, gotong royong sangat diperlukan sebagai wujud mempererat persatuan di antara masyarakat. Karena itu ia meminta Forkompida terus saling berkoordinasi dan berdialog dengan seluruh elemen masyarakat. Tidak saja Forkompida Tolikara, namun juga seluruh kepala daerah tingkat provinsi, kabupatan dan kota yang berada di Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Harus mempunyai pola gerak serta mengayomi dan dekat bersama rakyat dan memahami apa yang diinginkan masyarakat dan diselesaikan secara musyawarah dan gotongroyong,” ujarnya.

Selain itu, secara khusus Mendagri juga memberikan apresiasi pada jajaran TNI, khususnya Kodam Trikora yang dapat dengan cepat melaksanakan Karya Bhakti di Kabupaten Tolikara Papua. 

Sementara terhadap jajaran kepolisian, Mendagri meminta agar polisi bisa cepat tanggap melakukan investigasi menguak akar permasalahan yang terjadi secara hukum. “Setidaknya agar kejadian-kejadian tersebut tidak terulang kembali,” ujar Tjahjo. (gir/jpnn)


TOLIKARA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berharap Pemda Kabupaten Tolikara, Papua dapat dengan cepat menggerakkan dan mengorganisir masyarakat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News