Mendikbud Akan Meluncurkan Seri Belajar Mandiri Calon Guru PPPK, Simak 4 Kriteria Peserta

Mendikbud Akan Meluncurkan Seri Belajar Mandiri Calon Guru PPPK, Simak 4 Kriteria Peserta
Mendikbud Nadiem Makarim menjelaskan soal rekrutmen guru PPPK. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim akan meluncurkan seri belajar mandiri calon guru aparatur sipil negara (ASN) PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja).

Program guru belajar ini akan disiarkan langsung lewat kanal YouTube Kemendikbud.

"Insyaallah besok pagi, Mendikbud akan meluncurkan program guru belajar. Ini merupakan seri belajar mandiri bagi calon guru ASN PPPK," kata Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Iwan Syahril kepada JPNN.com, Selasa (2/3).

Dirjen Iwan menjelaskan,  salah satu upaya Kemendikbud mengisi kekurangan formasi guru adalah dengan mengangkat guru honorer melalui seleksi guru ASN sebagai PPPK.

Adapun empat kriteria para guru honorer pada seleksi guru ASN PPPK adalah guru honorer termasuk honorer K2, guru non-PNS yang sudah disertifikasi, guru non-PNS yang belum disertifikasi tetapi terdaftar di Dapodik pada akhir Desember 2019. Terakhir, lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar.

"Untuk mempersiapkan guru honorer menghadapi seleksi guru ASN PPPK tersebut Kemendikbud menyelenggarakan program yang akan diluncurkan besok pagi itu," terang Dirjen Iwan.

Dia berharap dengan seri belajar mandiri ini, makin menambah kepercayaan diri guru honorer untuk menghadapi tes PPPK yang akan digelar dalam Maret-April.

"Saya berharap seluruh guru honorer bisa memanfaatkan seri belajar ini. Perkuat konten mata pelajaran yang diampu karena kuncirnya ada di situ," pungkas Iwan Syahril. (esy/jpnn)

Dirjen GTK Kemendikbud mengungkapkan seri belajar mandiri bagi calon guru ASN PPPK akan diluncurkan besok pagi


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News