Mendiknas Belum Sikapi Rekomendasi BNSP

Terkait Standar Kelulusan Ujian Nasional

Mendiknas Belum Sikapi Rekomendasi BNSP
Mendiknas Belum Sikapi Rekomendasi BNSP
JAKARTA — Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) belum membuat keputusan terkait standar kelulusan dalam Ujian Nasional (UN) yang direkomendasikan Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP). Menurut Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh, keputusan tentang bentuk pelaksanaan UN 2011 dan metode evaluasinya masih menunggu pembahasan yang dilakukan dengan panitia kerja (Panja) UN Komisi X DPR RI.

“Dari diskusi yang dilakukan Jumat sampai Minggu (lokakarya nasional tentang standar kelulusan UN), kesimpulannya satu pendapat, yaitu UN tetap ada tahun depan,” kata Mendiknas ketika menggelar jumpa pers tentang rapor Kemdiknas selama setahun Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa (19/10).

Menurutnya, bentuk UN 2011 masih digodok pemerintah dan DPR. Karenanya, sampai saat ini juga belum ada keputusan tentang metode pelaksananan UN yang akan diterapkan pada 2011. “Metode evaluasi masih menunggu hasil rapat kerja dengan Komisi X DPR, 25 Oktober 2010 mendatang. Agenda rapat kerja tersebut adalah membahas UN. Panja UN dan Balitbang Kemdiknas juga membahas konsep UN nanti,”  papar mantan Menteri Komunikasi dan Informatika ini.

Lebih lanjut Mendiknas menambahkan, perubahan yang sudah valid mengenai UN hanya pada metodologi UN. Sementara mengenai evaluasi UN, masih dalam proses penyelesaikan.  "Namun intervensi yang dilakukan kami (Kemdiknas) terhadap 100 kabupaten sudah selesai 100 persen," terangnya.

JAKARTA — Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) belum membuat keputusan terkait standar kelulusan dalam Ujian Nasional (UN) yang direkomendasikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News