Mendiknas Minta BAN PT Bentuk Kopertis

Mendiknas Minta BAN PT Bentuk Kopertis
Mendiknas Minta BAN PT Bentuk Kopertis
JAKARTA—Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh meminta  Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk membentuk  kopertis di beberapa wilayah guna melakukan percepatan akreditasi perguruan tinggi swasta (PTS) dan program studi (prodi). “ Sudah dikomunikasikan dengan Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) untuk melakukan pemetaan. Sehingga, dapat diketahui mana yang harus segera diakreditasi walaupun sebenarnya akreditasi hukumnya wajib,” ungkap Mendiknas di Jakarta, Selasa (26/10)

Pembentukan kopertis BAN-PT tersebut, lanjut Mendiknas, akan dibagi per wilayah. Misalnya, untuk Kopertis I, untuk menangani propinsi/daerah A dan B, Kopertis II untuk propinsi/daerah B dan C dan seterusnya. “Metode kerjanya memang sudah saatnya untuk dirubah, karena metode yang saat ini kan cenderung sentralisasi dan diselesaikan sendiri. Solusinya lebih baik dibentuk kopertis,” ujarnya.

Dikatakan, banyak manfaat yang akan diperoleh jika dibentuknya kopertis. Mendiknas mengatakan pembentukan kopertis ini dipastikan akan lebih efektif. “Apalagi sekarang jumlah PTS yang ada sekitar 2200 PTS , dan itu belum termasuk prodi,” imbuhnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Kepala Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Kamanto Sunarto menyebutkan  bahwa sepanjang tahun 2010 pihaknya hanya melakukan akreditasi terhadap  2.500 prodi. Padahal tahun 2010 ini, terang Kamanto, BAN-PT  ditargetkan harus dapat mengakreditasi prodi sebanyak 4000 prodi. “Namun hingga saat ini hanya 2.500 prodi saja yang sudah terakreditasi,” ungkap Kamanto. (cha/jpnn)

JAKARTA—Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh meminta  Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk membentuk 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News