Mendiknas Yakin Semua PTN Ikuti Aturan

Mendiknas Yakin Semua PTN Ikuti Aturan
Mendiknas Yakin Semua PTN Ikuti Aturan
JAKARTA—Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan, sanksi yang paling mudah untuk dikenakan kepada perguruan tinggi negeri (PTN) adalah sanksi financial. Pernyataan Nuh menanggapi menanggapi kemungkinan ada PTN yang melanggar aturan pemerintah, dengan dengan menggelar ujian jalur mandiri sebelum ujian Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dilaksanakan.

“Jika tetap melanggar, sanksi yang paling mudah tentunya adalah sanksi financial. Tapi kita lihat kembali. Nampaknya semua PTN akan tetap mentaati  aturan yang ada,” ungkap Mendiknas saat ditemui usai rapat kerja (Raker) bersama Komisi X di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (17/1).

Mendiknas mengakui, sebagian besar PTN antusias untuk menggelar seleksi pemerimaan mahasiswa melalui jalur mandiri dikarenakan dua hal. Pertama, untuk mencari dan menampung siswa yang memiliki kemampuan khusus. Kedua, untuk mencari sumbangan dari mahasiswa. “Saya tidak memungkiri hal ini, karena faktanya memang seperti itu. Namun, Kemdiknas harus tetap mengawal,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdiknas, Djoko Santoso juga mengungkapkan hal senada. “Seleksi mandiri harus dilakukan setelah pengumuman SNMPTN. Itu sudah diterangkan di dalam aturan yang berlaku,” tegas Djoko.

JAKARTA—Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan, sanksi yang paling mudah untuk dikenakan kepada perguruan tinggi negeri (PTN)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News