Mengapa Pengungsi Marawi Tak Sepenuhnya Salahkan ISIS

Mengapa Pengungsi Marawi Tak Sepenuhnya Salahkan ISIS
Mengapa Pengungsi Marawi Tak Sepenuhnya Salahkan ISIS

Ekstremisme Islam di Asia Tenggara tidaklah mati bersama Isnilon Hapilon, yang disebut-sebut sebagai "Amir" ISIS di wilayah itu, yang tewas tertembak di Kota Marawi pekan ini.

Kelompok ISIS pada akhirnya akan diusir keluar dari kota - sejauh ini masih bertahan, terlepas dari pernyataan optimis Rodrigo Duterte bahwa kota tersebut telah dibebaskan - namun ketika tembak-menembak akhirnya berhenti, simpati warga lokal tetap untuk para teroris dan perjuangan mereka.

Dan simpati itu didorong oleh Pemerintah Filipina dan para jendralnya, yang telah menunjukkan intelijen, taktik dan komunikasi yang buruk sepanjang pertempuran lima bulan itu.

Sekarang jelas mereka tidak tahu bahwa kelompok Hapilon dan Maute merencanakan serangan ke kota tersebut, menimbun senjata dan amunisi, atau mempersiapkan posisi dan persediaan untuk pertempuran.

Perebutan kembali Marawi sulit dimengerti mengapa berlangsung lambat dan terasa lebih lambat lagi dengan prediksi-prediksi kemenangan yang akan segera terjadi.

Saya berada di Marawi pada bulan Juni 2017 ketika dua tenggat waktu untuk kemenangan terlewati. Bahkan saat itu pun saya tidak mengerti mengapa para tentara dan polisi jauh sekali dari garis depan.

Pasukan berlindung di dalam rumah di saat jet-jet tempur berseliweran beberapa kali sehari dalam misi pengeboman, dan helikopter tempur terlihat begitu jauh dari jaraknya.

Apa gunanya hal itu bagi suatu pertempuran di perkotaan melawan musuh yang tersembunyi?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News