Mengatasi Nyeri Haid dengan Olahraga, Apakah Bisa?

Mengatasi Nyeri Haid dengan Olahraga, Apakah Bisa?
Nyeri Haid. Ilustrasi. Foto WomCare

jpnn.com - Apa yang pertama kali terpikirkan saat Anda sedang mengalami nyeri haid? Tidur, atau langsung minum obat pereda nyeri? Mungkin olahraga tak pernah bakal jadi solusi pertama yang terpikirkan untuk mengatasi nyeri haid, ya. Sebab selama ini, olahraga atau banyak gerak justru sering dianggap pemicu rasa nyeri saat datang bulan. 

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, nyeri haid umumnya dirasakan di bagian perut bawah atau punggung bawah, dapat bersifat ringan hingga berat, dan keluhannya berbeda-beda pada tiap wanita.

“Selain nyeri, gejala lain yang sering menyertai saat haid adalah mual, muntah, diare, lemas, demam tidak terlalu tinggi, dan sakit kepala,” kata dr. Theresia.

Usut punya usut, gejala-gejala yang dialami saat nyeri haid ternyata bisa diatasi dengan cara alami. Ya, cara tersebut adalah olahraga. Dalam hal ini, yoga disebut sebagai olahraga yang paling efektif.

Faktanya, yoga adalah olahraga yang dapat membuat tubuh relaks, serta menyeimbangkan sistem saraf simpatik dan parasimpatik yang memberikan efek antidepresan. Tak cuma itu, pose serta latihan pernapasan dalam yoga juga membantu mengencangkan otot rahim dan melancarkan peredaran darah organ-organ di sekitar panggul. 

“Nah, peredaran darah yang baik mampu memperbaiki keadaan hipoksia – jaringan tubuh kekurangan oksigen – di otot-otot rahim yang merupakan faktor utama penyebab kram perut dan nyeri haid,” tutur dr. There. 

Yoga untuk atasi nyeri haid

Ada banyak sekali gerakan yoga yang dapat dilakukan. Tetapi, bila fokusnya adalah untuk mengatasi nyeri haid, maka 7 gerakan ini adalah yang paling efektif:

Nyeri haid umumnya dirasakan di bagian perut bawah atau punggung bawah, dapat bersifat ringan hingga berat, dan keluhannya berbeda-beda pada tiap wanita.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News