Mengenang Mendiang Sinyo Aliandoe: Sang Pencipta Jebakan Offside

Mengenang Mendiang Sinyo Aliandoe: Sang Pencipta Jebakan Offside
Menpora Imam Nahrawi saat mengunjungi rumah duka Sinyo Aliandoe

jpnn.com - JAKARTA - Saat meniti karir pelatih, Sinyo membawa sebuah taktik baru. Hal itu diceritakan Kadir Jusuf, seorang football pundit kenamaan Indonesia dekade 1980-an.

Kala itu, pada 1973, Sinyo dikirim oleh Manajer Persija F.H. Hutasoit ke Manchester United, Inggris, untuk menuntut ilmu. ''Sekembali ke tanah air, Sinyo memopulerkan taktik offside dengan moving out secara block,'' ucap Kadir.

''Sebelum itu di Indonesia hanya mengenal offside sebagai jebakan semata. Jadi, tanpa keluar secara serentak melalui satu unit, sekaligus melakukan pressing terhadap lawan,'' paparnya. Atas dasar itulah, Sinyo kemudian lekat dengan julukan Bapak Offside Indonesia.

Di tangan Sinyo, jebakan offside dijadikan bagian dalam taktik penguasaan bola. Saat membawa Persija kembali jaya-jayanya, tim ibu kota itu saat bertahan memang identik dengan pressing football. Skema tersebut dibawa saat dia menangani klub Galatama, Tunas Inti dan Jayakarta. (wam/jon/jpnn)


JAKARTA - Saat meniti karir pelatih, Sinyo membawa sebuah taktik baru. Hal itu diceritakan Kadir Jusuf, seorang football pundit kenamaan Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News