Mengintip Rahasia Nasi Liwet Domba dari Garut yang Bisa Tembus Pasar Mancanegara

Mengintip Rahasia Nasi Liwet Domba dari Garut yang Bisa Tembus Pasar Mancanegara
Kuliner asal Indonesia yakni nasi liwet domba dari Kabupaten Garut, Jawa Barat bisa menembus pasar mancanegara. Foto: Antara

jpnn.com, GARUT - Kuliner asal Indonesia yakni nasi liwet domba dari Kabupaten Garut, Jawa Barat bisa menembus pasar mancanegara.

Hal ini merupakan ide dari pelopor kuliner yang mengenalkan produk tersebut ke negara Timur Tengah.

"Kami sudah mulai mengenalkan kuliner nasi liwet domba garut luar negeri kami ke mancanegara, yaitu," kata pelopor kuliner nasi liwet domba Jajang Riyadi saat mengisi acara untuk mendemonstrasikan pembuatan nasi liwet domba kepada peserta Workshop Kuliner Nusantara di Fave Hotel Kabupaten Garut, Minggu (14/6).

Pemilik usaha kuliner bernama Bonita itu mengatakan nasi liwet buatannya berbeda dengan liwet lainnya yaitu menggunakan daging domba dan rempah-rempah khas yang banyak tumbuh di Kabupaten Garut.

Nasi liwet ini memiliki cita rasa tersendiri yang bisa diterima oleh pasar mancanegara, terutama orang Timur Tengah, karena rasanya ada kesamaan dengan negara itu.

"Sasaran yang pas untuk mengenalkan nasi liwet domba ini mungkin daerah Timur Tengah, di sana punya pasar," katanya.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbud, Riset, dan Teknologi, Restu Gunawan menyatakan siap mendukung untuk mengenalkan produk kuliner khas Garut ke seluruh daerah di Indonesia, termasuk ke mancanegara.

Kuliner nusantara menjadi ciri khas budaya dan identitas bangsa Indonesia sehingga perlu dikenalkan ke seluruh negara agar bisa bersaing dengan kuliner khas dari negara lain.

Kuliner asal Indonesia yakni nasi liwet domba dari Kabupaten Garut, Jawa Barat bisa menembus pasar mancanegara. Simak selengkapnya..

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News