Menhub Budi Bawa Kabar Baik Soal Kendaraan Transportasi Tanpa Sopir

Menhub Budi Bawa Kabar Baik Soal Kendaraan Transportasi Tanpa Sopir
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tengah menyiapkan konsep kajian untuk mengembangkan teknologi transportasi tanpa sopir. Ilustrasi Foto: Kemenhub

jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ternyata serius dalam mempersiapkan teknolgi kendaraan trasportasi dengan menggunakan teknologi otonom atau tanpa sopir.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tengah menyiapkan konsep kajian untuk mengembangkan moda transportasi dengan teknologi tersebut.

"Kami akan membuat suatu konsep, nanti akan ketemu equilibriumnya kapan kami akan melakukan (pengembangan transportasi berteknologi swakemudi)," kata Menhub Budi Karya di Terminal Giwangan, Kota Yogyakarta, Minggu (29/5).

Menurut dia, pengembangan kendaraan tanpa sopir itu di Indonesia memang menjadi harapan di masa mendatang.

Namun, kata dia, pengembangan untuk menciptakan teknologi itu masih membutuhkan kajian yang panjang.

"Satu keniscayaan bahwa autonomous itu menjadi harapan masa depan tapi di lain sisi kita butuh lapangan pekerjaan," ujar dia.

Sebelumnya, keinginan mengoperasikan kendaraan otonom pernah disampaikan Presiden Joko Widodo saat menghadiri acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2020 di Grand Ballroom, Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, 16 Januari 2020.

Orang nomor satu di Indonesia itu mengungkapkan hanya akan mengoperasikan kendaraan bertenaga listrik dan kendaraan otonom di kawasan ibu kota baru negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tengah menyiapkan konsep kajian untuk mengembangkan teknologi transportasi tanpa sopir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News