Menhub Budi: Perubahan Tren Wisata Harus Direspons Semua Elemen

Menhub Budi: Perubahan Tren Wisata Harus Direspons Semua Elemen
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi berbagai program Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang banyak memberikan perhatian terhadap pengembangan potensi daerah dan pariwisata. 

Budi menjelaskan saat ini tren perjalanan wisata mengalami perubahan dari massal menjadi alternatif. 

Menurutnya, tren ini mengarah para jenis kegiatan wisata yang berorientasi pada alam atau budaya lokal.

Dia menuturkan tren ini menjadi isu yang harus direspons bersama oleh semua elemen, termasuk instansi pemerintah atau kementerian/lembaga. 

Budi menjelaskan Kementerian Perhubungan telah menyusun serangkaian kebijaksanaan dan langkah konkret. 

Dia menyebutkan antara lain dukungan program dan kegiatan pengembangan infrastruktur untuk peningkatan konektivitas dan aksesibilitas dari dan menuju kawasan strategis pariwisata nasional, serta yang menghubungkan simpul-simpul transportasi menuju ke lokasi pariwisata di seluruh Indonesia. 

“Dengan adanya keterhubungan simpul bandara, pelabuhan, terminal ataupun stasiun kereta api, akan menjadi lebih sempurna," kata Menhub Budi saat menjadi keynote speaker dalam webinar “Penganggaran Desa Wisata Perancangan Kebijakan Penganggaran Desa Wisata” di kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (21/10). 

Budi menjelaskan Presiden Jokowi telah mengeluarkan kebijakan mendorong terwujudnya 10 Bali baru.

Menhub Budi Karya Sumadi menegaskan perubahan tren wisata harus direspons oleh semua elemen, termasuk instansi pemerintah atau kementerian/lembaga. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News