Menhub Pastikan Bandara Tebelian di Sintang Siap Diresmikan Presiden

Menhub Pastikan Bandara Tebelian di Sintang Siap Diresmikan Presiden
Bandara Tebelian di Sintang, Kalimantan Barat, rencananya bakal diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (8/12). Foto: dok Kemenhub

jpnn.com, SINTANG - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Tebelian yang terletak di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Selasa (7/12).

“Hari ini Saya ke Bandara Tebelian untuk mengecek kondisi fasilitas sisi darat dan sisi udara bandara, yang direncanakan akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Rabu (8/12),” kata Budi Karya dalam keterangannya dipantau di Jakarta, Selasa.

Budi Karya mengatakan, Bandara Tebelian di Sintang dibangun sejak tahun 2011 dan terus dilakukan pengembangannya hingga tahun 2020.

Bandara ini dibangun dan dikembangkan dengan total biaya sekitar Rp 580 miliar.

Adapun keberadaan bandara ini untuk menggantikan bandara eksisting yaitu Bandara Susilo, yang sudah tidak bisa dikembangkan lagi karena berada di pusat kota dan dikelilingi pemukiman.

"Kehadiran bandara ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan transportasi udara di Kabupaten Sintang dan sekitarnya," ujarnya.

Sebagai informasi, pengembangan Bandara Tebelian dilakukan diatas lahan sekitar 153,6 hektar, yang telah dihibahkan oleh Pemkab Sintang kepada Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub.

Bandara Tebelian saat ini memiliki terminal penumpang seluas 2.000 m² yang mampu melayani 75 ribu penumpang per tahun, panjang runway 1.820 m x 30 m yang mampu didarati pesawat sejenis ATR-72/600, taxiway 160 m x 18 m dan Apron 220 m x 60 m, yang mampu menampung 4 pesawat ATR-72.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Tebelian yang terletak di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Selasa (7/12)

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News