Menhut Ajak Swasta Tanam Pohon

Rehabilitasi Kawasan Hutan

Menhut Ajak Swasta Tanam Pohon
Menhut Ajak Swasta Tanam Pohon
JAKARTA– Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan mengajak perusahaan swasta untuk berpartisipasi aktif melakukan rehabilitasi kawasan hutan yang mengalami kerusakan. Peran serta perusahaan swasta tersebut sangat diperlukan karena anggaran dari APBN tidak bisa diandalkan sepenuhnya untuk mebenahinya kerusakan hutan Indonesia.

"Dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintah untuk rehabilitasi kawasan hutan, saya mengajak kepada perusahaan-perusahaan swasta, seperti Tambang Timah, Aneka Tambang, Djarum, Sampoerna dan perusahaan lain agar ikut berpartisipasi untuk menanam pohon untuk memperbaiki lingkungan secara bersama-sama. Kita bukan meminta uangnya, tetapi mereka langsung yang melakukan penanaman pohon sesuai kawasan hutan yang dipilihnya," kata Zulkifli kepada wartawan di Kantor Menko Perekonomian, Jumat (19/3).

Dikatakan Menhut, saat ini sudah ada perusahaan yang bersedia membiayai sekitar 50 ribu hektar, namun belum ditentukan lokasinya. "Kita menginginkan dari swasta bisa membantu 500 ribu hektar hutan yang akan direhabilitasi pada tahun ini. Karena target kita akan penanam satu juta hektar di tahun 2010," ujarnya.  

Disebutkan Zulkifli, pada tahun 2010 ini Kemenhut telah merencanakan 500 ribu hektar kawasan hutan yang akan direhabilitasi dengan mengajukan anggaran di APBN-P sekitar Rp3 triliun. Namun balum bisa dipastikan apakah permintaan tersebut dipenuhi atau tidak, karena nanti akan dibahas bersama DPR.

JAKARTA– Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan mengajak perusahaan swasta untuk berpartisipasi aktif melakukan rehabilitasi kawasan hutan yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News