Menhut Janji Stop Terbitkan Izin Penebangan

Menhut Janji Stop Terbitkan Izin Penebangan
Satu Milyar Pohon: Presiden SBY dan Ibu Any Yudhoyono didampingi Menhut Zulkifli Hasan melakukan penanaman pohon secara simbolis di areal Indonesia Peace and Security Center, Sentul, Jawa Barat dalam perayaan Hari Menanam Pohon Indonesia, Senin (28/11). Foto: Zulhakim/JPNN
JAKARTA - Jika dulu Kementerian Kehutanan rajin memberikan konsesi penebangan hutan untuk memacu industri kayu di tanah air, saat ini hal ini dihentikan. Rusaknya kualitas lingkungan akibat penebangan hutan berlebihan membuat pemberian izin penebangan itu kini telah dihentikan.

‘’Kemenhut tidak lagi memberikan konsesi penebangan pohon,’’ ujar Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dalam sambutannya pada Perayaan Hari Menanam Pohon Indonesia yang dipusatkan di Bukit Merah Putih, Sentul, Jawa Barat Senin (28/11).

Dijelaskan Zulkifli, sejak kepemimpinannya, izin penebangan terutama di lahan gambut sudah ditiadakan. Menurutnya kondisi buruk hutan yang diwariskan dari periode sebelumnya telah cukup menjadi pembelajaran.

Karena itulah kini kemenhut mengaku berkonsentrasi pada proses rehabilitasi hutan melalui program Penanaman Satu Milyar Pohon pertahun yang digalakkan secara nasional. ‘’Satu-satunya tugas Kemenhut adalah menanam,’’ tambahnya.

JAKARTA - Jika dulu Kementerian Kehutanan rajin memberikan konsesi penebangan hutan untuk memacu industri kayu di tanah air, saat ini hal ini dihentikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News