Menjanjikan, Nelayan Didorong Budiaya Ikan Seharga Rp 1 Juta Per Ekor Ini

Menjanjikan, Nelayan Didorong Budiaya Ikan Seharga Rp 1 Juta Per Ekor Ini
Bupati Anambas Abdul Haris didampingi wakilnya Wan Zuhendra bersama pengusaha budidaya ikan napoleon di Desa Air Sena, Kecamatan Siantan Tengah. Minggu. foto:syahid/batampos/jpg

jpnn.com - ANAMBAS - Pemerintah Kabupaten Anambas mendorong para nelayan di daerah itu menekuni budidaya ikan ke depannya. 

Sebab, menurut pemerintah setempat hasilnya jauh lebih menjanjikan daripada hasil sebagai nelayan tangkap.

“Kami nilai nelayan budidaya lebih memiliki potensi dalam meraih pendapatan, ketimbang nelayan tangkap,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Anambas Yunizar, seperti diberitakan batampos (Jawa Pos Group), hari ini (10/8).

Yunizar memang mengakui jika dihitung menurut tonase, perolehan ikan dari nelayan tangkap di Anambas lebih banyak dibandingkan dengan nelayan budidaya. 

Dalam enam bulan terakhir nelayan tangkap di Anambas dapat menghasilan ikan hasil tangkapan bisa mencapai 340 ton ikan segar. Sementara itu nelayan budidaya hanya menghasilkan sekitar 45 ton saja dalam tiga kali pengiriman ke luar negeri.

Namun demikian nelayan budidaya potensinya lebih besar ketimbang nelayan tangkap, sebab dari segi penghasilan, nelayan budidaya jauh lebih banyak dan lebih menyentuh masyarakat.

Menurutnya saat ini pendapatan nelayan tangkap terjadi penurunan. Hal itu dilihat dalam pelaksanaan penangkapan ikan masih menggunakan pola tradisional. Sejuah ini pihaknya telah berupaya keras memberikan sosialisasi tentang menangkap ikan yang lebih profesional, namun nelayan lebih memilih untuk pola lama yakni dengan memancing.

Ikan yang dihasilkan setiap harinya tidak sesuai dengan pengeluaran yang dikeluarkan oleh masing-masing nelayan. Hal itu dikarenakan nelayan tidak melakukan kerja secara kelompok. Jika nelayan tangkap kerjanya berkelompok dan menggunakan kapal berkapasitas lebih besar tentu hasilnya akan lebih besar pula.

ANAMBAS - Pemerintah Kabupaten Anambas mendorong para nelayan di daerah itu menekuni budidaya ikan ke depannya.  Sebab, menurut pemerintah setempat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News