Menkes Budi Dorong Percepatan Vaksinasi Lansia di Jawa Barat

Menkes Budi Dorong Percepatan Vaksinasi Lansia di Jawa Barat
suasana vaksinasi lansia yang berlangsung di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Kampus Hang Jebat Jakarta Selatan yang merupakan kolaborasi antara Entrasol dan Loket.com. Foto: Kalbe Nutritionals

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin kembali mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 untuk lansia, khususnya di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Menurut dia, laju vaksinasi bagi lansia di provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia itu lebih rendah dibanding wilayah lain di tanah air.

Dia menyebutkan jumlah vaksinasi untuk lansia di DKI Jakarta sudah mencapai 60 persen, Yogyakarta 30 persen, Bali 40 persen, sedangkan Jawa Barat masih sekitar 8 persen.

"Masih kecil sekali lansia di Jabar yang sudah tervaksin. Lansia ini kita harus lindungi," ujar Budi dalam Launching Gebyar Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia yang disiarkan secara virtual, Selasa (18/5).

Mantan wakil menteri BUMN itu memperkirakan rendahnya vaksinasi lansia di Jabar disebabkan tingginya populasi penduduk usia tua di provinsi itu.

Dalam kesempatan itu, Budi juga menjelaskan pentingnya vaksinasi bagi lansia yang memiliki fatality rate paling tinggi.

Budi mengatakan perlindungan yang tinggi kepada lansia melalui vaksinasi akan mengurangi tingkat keterisian rumah sakit dan tingkat kematian akibat Covid-19.

"Mumpung ini masih bulan Syawal, tolong kita amalkan waktu kita untuk melindungi orang tua kita yang rentan kalau terkena (Covid-19, red)," pungkas Menkes Budi. (mcr9/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut jumlah vaksinasi lansia di Jabar baru 8 persen, sedangkan DKI Jakarta 60 persen.


Redaktur & Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News