Menkes Targetkan Anak 12 Tahun Bebas Karies pada 2030

Menkes Targetkan Anak 12 Tahun Bebas Karies pada 2030
Menkes Budi Gunadi Sadikin targetkan anak-anak bebas karies pada 2030. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah sangat serius meningkatkan kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat.

Hal itu dibuktikan dengan membentuk Komite Kesehatan Gigi dan Mulut yang bertujuan mengawal program dan kebijakan agar anak 12 tahun bebas karier pada 2030.

“Satu hal lagi yang saya pesankan tentang pelayanan kedokteran gigi dan mulut pentingnya upaya promotive dan preventif, khususnya di masa pandemi ini," kata Menkes Budi saat membuka webinar edukatif dengan tema “Gigi dan Mulutku Sehat di Masa Pandemi”, Rabu (15/9).

Webinar tersebut diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) 2021.

Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes drg. Saraswati Sugiyarso, MPH mengatakan tingkat kesadaran masyarakat menjaga kesehatan gigi dan mulut masih rendah. Keadaan itu turut dipersulit dengan adanya pandemi Covid-19.

“HKGN 2021 ini menjadi momentum untuk mengedukasi masyarakat mulai dari pasien anak hingga lansia agar jangan sampai menunda dalam melakukan perawatan dan pemeriksaan gigi dengan memanfaatkan teledentistry. terima kasih pada PBPDGI, PTGMI, dan GIGI.ID yang telah mendukung acara ini," katanya.

Peringatan HKGN yang jatuh pada 12 September 2021, Kemenkes mengadakan kegiatan mulai dari talkshow Instagram, live radio, lomba foto dan video serta webinar edukatif yang melibatkan start-up social enterprise GIGI.ID yang fokus pada kesehatan gigi dan mulut masyarakat.

Secara terpisah, CEO dan Founder GIGI.ID Dr. drg. Armelia Sari Widyarman, M.Kes, PBO mengatakan pihaknya sangat siap menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan HKGN 2021.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menargetkan anak-anak 12 tahun bebas karies pada 2030.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News