Menkeu Terima Usulan Bebas Bea Masuk Pangan

Menkeu Terima Usulan Bebas Bea Masuk Pangan
Menkeu Terima Usulan Bebas Bea Masuk Pangan
JAKARTA - Sebagai antisipasi terhadap kerawanan pangan dan stabilisasi harga, pemerintah akan melakukan pembebasan bea masuk pangan pada beberapa komoditi tertentu. Saat ini, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mulai menerima usulan beberapa komoditi dari berbagai kementerian terkait, agar dibebaskan dari pajak bea masuk.

"Yang sudah pasti itu, usulan untuk beras sudah masuk ke Kemenkeu. Komoditi lain masih dalam proses. Kita masih akan menunggu permintaan dari kementerian terkait yang ingin mengusulkan bebas bea masuk," kata Menkeu Agus Martowardojo kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (11/1).

Nantinya kata Agus, setiap usulan yang masuk dari kementerian terkait, akan dilakukan pembahasan kembali oleh Kemenkeu. Bebas bea masuk sendiri akan diberikan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK). "Bentuknya dalam PMK. Tapi pengurangannya berapa, belum kita putuskan," kata Agus.

Rencana pembebasan bea masuk merupakan salah satu langkah pemerintah dalam menghadapi ketidakpastian musim di tahun 2011. Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, sebelumnya mengatakan bahwa beberapa komoditi telah dipilih untuk dikurangi, bahkan dihapuskan bea masuknya.

JAKARTA - Sebagai antisipasi terhadap kerawanan pangan dan stabilisasi harga, pemerintah akan melakukan pembebasan bea masuk pangan pada beberapa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News