Penyerapan Anggaran PEN Jadi Kunci Perbaikan Ekonomi

Penyerapan Anggaran PEN Jadi Kunci Perbaikan Ekonomi
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: dokumen JPNN.COM/Ricardo

jpnn.com, BINTAN - Kedisiplinan beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan percepatan penyerapan anggaran pemulihan ekonomi nasional diyakini akan membuat pertumbuhan perekonomian akan lebih baik.

Hal ini disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Penanganan Ekonomi Nasional (PC-PEN)  itu menilai, sektor pariwisata menjadi salah satu yang harus segera didorong untuk pemulihan ekonomi.

Selain banyak ekonomi daerah yang bergantung, sektor pariwisata juga paling mudah dan terbuka untuk menyerap tenaga kerja.

Menurutnya, jumlah tenaga kerja di bidang pariwisata terus naik sejak 2010. Untuk mendorong pemulihannya, sejumlah strategi dan program pun dirumuskan.

“Salah satunya, optimalisasi belanja pemerintah di sektor pariwisata dengan membuat event seperti Rakorpim hari ini, yang kami lakukan untuk mendorong dimulainya kegiatan wisata dan MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition) di lokasi destinasi wisata,” kata Menko Airlangga saat memberikan keterangan pers terkait Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) Komite (PC-PEN) dan Kementerian/Lembaga (K/L), di Kawasan Wisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Jumat (25/9)

Menko Airlangga menjelaskan, salah satu yang menjadi kunci keberhasilan Indonesia untuk menekan penyebaran Covid-19 adalah kedisiplinan dalam beraktivitas.

Oleh karena itu, pelaksanaan protokol kesehatan dengan kampanye 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) dalam rangka mengurangi tingkat infeksi perlu disertai dengan penegakan disiplin.

“Bahkan perlu melibatkan aparat keamanan, Polri dan TNI secara aktif, disertai dengan pengenaan tindakan mulai dari teguran hingga tindakan pidana,” ujarnya.

Salah satu yang menjadi kunci keberhasilan Indonesia untuk menekan penyebaran Covid-19 adalah kedisiplinan dalam beraktivitas sesuai protokol kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News