Menko Luhut Dukung Kerja Sama PT IWIP dengan Pemkab Halmahera Tengah

Menko Luhut Dukung Kerja Sama PT IWIP dengan Pemkab Halmahera Tengah
PT. IWIP dan Pemkab bekerja sama tingkatkan kehidupan sosial di Halteng. Foto: Dok IWIP

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendukung komitmen kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) dengan PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

Melalui kerja sama tersebut, IWIP melanjutkan komitmennya dalam memberi dukungan kepada pemkab untuk meningkatkan kehidupan sosial di Halmahera Tengah, yakni pembangunan Politeknik Industri, fasilitas pengolahan air bersih, serta peningkatan Puskesmas Lelilef.

Selain itu, PT. IWIP juga menyuplai listrik dari PLTU miliknya kepada PLN Halmahera Tengah sebesar 5 Megawatt, sedangkan di bidang non-fisik, IWIP melalui Weda Bay Nickel juga memberi dukungan terhadap program pendidikan melalui pembelajaran matematika metode gasing bagi anak-anak dan guru sekolah dasar.

“Di sinilah ekosistem dibangun. Kami peduli terhadap warga dan juga lingkungan. Kalau dilihat karyawan di sini 90 persennya merupakan pekerja Indonesia. Namun, transfer teknologi tetap dilakukan oleh perusahaan China hingga Prancis,” ujar Luhut dalam keterangan tertulis, Senin (15/5).

Dalam hal itu, Luhut juga menyampaikan kebanggaan terhadap IWIP yang dalam waktu singkat telah memberi dampak signifikan, terutama dalam peningkatan ekonomi.

Kehadiran IWIP berhasil memberikan kontribusi utama terhadap pertumbuhan ekonomi Maluku Utara 2022 hingga mencapai 28 persen.

Hal senada juga disampaikan Pj. Bupati Halteng Ikram Malam Sangadji yang optimistis dengan kerja sama tersebut, terlebih karena didukung oleh Menko Marves.

Baginya, industrialisasi nikel di Halteng harus seimbang dengan sosial ekonomi dan lingkungan.

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendukung komitmen kerja sama antara Pemkab Halmahera dengan PT. IWIB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News