Menko PMK Instruksikan BPOM Gerak Cepat Antisipasi Obat Palsu

Menko PMK Instruksikan BPOM Gerak Cepat Antisipasi Obat Palsu
Puan Maharani. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menginstruksikan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Penny Lukito, agar secepatnya mengambil langkah mengantisipasi peredaran obat palsu dan berbahaya.

"Saya sudah menginstruksikan kepada Kepala BPOM agar fokus melakukan hal-hal yang diperlukan," kata Puan, sebelum rapat dengan Badan Anggaran DPR, Rabu (14/9).

Menurutnya, BPOM harus lebih aktif melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Selain melakukan penguatan SDM di internal lembaga itu sendiri, supaya tugas pengawasannya bisa lebih optimal.

Ke depan, kata mantan Ketua Fraksi PDIP DPR itu, pemerintah akan menyiapkan penggunaan sistem barcode untuk semua produk obat-obatan, sehingga masyarakat bisa mengecek langsung mana yang palsu dan tidak.

Untuk menindaklanjuti persoalan ini, dalam minggu ini Puan akan memimpin rapat koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait menyikapi peredaran obat palsu. (fat/jpnn)


JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menginstruksikan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News