Menkominfo Sebut Ada 97 Juta Pekerjaan Baru Bakal Muncul

Menkominfo Sebut Ada 97 Juta Pekerjaan Baru Bakal Muncul
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebut akan ada 85 juta pekerjaan lama yang hilang dan 97 juta pekerjaan baru muncul. Dokumen Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebut akan ada 85 juta pekerjaan lama yang hilang dan 97 juta pekerjaan baru muncul

Pasalnya, bakal ada pembagian kerja antara tenaga kerja, mesin, dan algoritma yang makin meningkat.

"Hal tersebut menuntut peningkatan keterampilan bidang digital dan soft skills,” ujar Johnny dalam keterangan yang diterima, di Jakarta, Senin (24/1).

Berdasarkan laporan dari The Future of Jobs dari World Economic Forum, pada 2025 akan terdapat 43 persen pelaku industri yang melakukan reduksi atau pengurangan jumlah tenaga kerja sebagai konsekuensi dari penerapan integrasi teknologi.

Menurut Johnny, peningkatan keterampilan digital dan soft skills selaras dengan perkembangan teknologi untuk tenaga kerja khususnya generasi muda Indonesia dapat dilakukan melalui upskilling dan reskilling.

“Adapun jenis pekerjaan baru yang muncul dan semakin meningkat permintaan di antaranya data analyst dan scientist, big data specialist, artificial intelligence and machine learning specialist, digital marketing and strategy specialist,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Johnny, ada pula beberapa jenis pekerjaan lain yang akan berkembang seperti renewable energy engineers, process automation specialist, internet of things specialist, digital transformation specialist, business services and administration managers.

"Juga business development professionals," ucap Johnny.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebut akan ada 85 juta pekerjaan lama yang hilang dan 97 juta pekerjaan baru muncul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News