Menkominfo Ungkap MotoGP Mandalika 2022 Buka Peluang untuk UMKM hingga Industri

Menkominfo Ungkap MotoGP Mandalika 2022 Buka Peluang untuk UMKM hingga Industri
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengungkapkan perhelatan MotoGP Mandalika 2022 pada Maret mendatang akan memberikan dampak ekonomi dan investasi yang cukup besar. Foto: Humas Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengungkapkan perhelatan MotoGP Mandalika 2022 pada Maret mendatang akan memberikan dampak ekonomi dan investasi yang cukup besar.

Terlebih investasi untuk pembangunan di Mandalika yang kini sudah mencapai sekitar USD150.

"Kami harapkan bahwa dampak langsung dari kegiatan MotoGP multiplier effect itu sekitar setengah triliun langsung bisa dihasilkan. Setiap tahun, pariwisata Mandalika di samping MotoGP nanti bisa bertumbuh, karena juga menjadi destinasi pariwisata prioritas. Oleh karena itu, kami harapkan juga sekitar USD 40 juta setiap tahun ada multiplier yang dihasilkan dari sisi perekonomian,” jelasnya dalam Forum Koordinasi Media Peliputan MotoGP 2022.

Selain itu, MotoGP Mandalika telah memberikan efek peningkatan lapangan pekerjaan. Johnny menyatakan saat ini terbuka peluang hampir mencapai 11 ribu lapangan pekerjaan.

“Khusus untuk perhelatan MotoGP sendiri menyerap hampir 8.000 orang yang berkaitan dengan UMKM dan tenaga kerja. Peningkatan produk-produk UMKM sekitar 3 ribu orang. Jadi, dampak langsungnya yang di sisi ekonomi berkaitan langsung dengan itu,” tuturnya .

Oleh karena itu, Menkominfo mengharapkan komunikasi publik yang dilaksanakan juga menyampaikan pesan mengenai dampak ekonomi serta branding Indonesia di dunia internasional.

“Sehingga, tentu kita harapkan komunikasi publik dilakukan dengan baik agar branding Indonesia, domestik, dan dampak ekonomi serta branding Indonesia di etalase dunia bisa kita capai dengan baik,” ungkapnya.

Johnny menilai sebagai ajang balap internasional yang pertama kali digelar di Indonesia, Menteri Johnny berharap MotoGP Mandalika harus mampu memberikan kesan yang baik di semua aspek sehingga memberikan memori tersendiri bagi setiap pengunjung.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengungkapkan perhelatan MotoGP Mandalika 2022 pada Maret mendatang akan memberikan dampak ekonomi dan investasi yang cukup besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News