Menlu Papua Nugini Akui Negaranya Harus Belajar dari Indonesia

Menlu Papua Nugini Akui Negaranya Harus Belajar dari Indonesia
Menlu RI Retno Marsudi (kanan) berjabat tangan dengan Menlu Papua Nugini Justin Tkatchenko (kiri) sebelum memulai pertemuan bilateral di Jakarta, Selasa (21/3/2023). Foto: ANTARA/Yashinta Difa

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Papua Nugini Justin Tkatchenko mengatakan negaranya harus banyak belajar dari Indonesia, terutama dalam kemandirian ekonomi dan kesejahteraan rakyat di semua bidang, termasuk pendidikan dan kesehatan.

Dalam pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno Marsudi di Jakarta, Selasa, Tkatchenko menekankan pentingnya kerja sama demi menjaga kedaulatan dan kesejahteraan kedua negara.

“Pemerintah Papua Nugini sangat ingin memperkuat hubungan dengan Indonesia dan membawanya ke level berikutnya untuk kepentingan rakyat dan ekonomi kita, serta keamanan kawasan,” tutur dia ketika menyampaikan pernyataan pers bersama usai pertemuan tersebut.

Pertemuan itu membahas sejumlah isu, antara lain perjanjian kerja sama pertahanan Indonesia-Papua Nugini yang telah disetujui untuk ratifikasi, Persetujuan Pelaksanaan Pembebasan Visa bagi Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas, serta Perjanjian Dasar tentang Pengaturan Perbatasan.

Selain itu, kata Tkatchenko, Papua Nugini juga ingin memperkuat kerja sama di antara BUMN kedua negara dalam pengembangan energi, pertambangan, minyak bumi, serta listrik, yang disebutnya area strategis untuk mendorong perekonomian.

Tkatchenko juga menegaskan bahwa pemerintah Papua Nugini, di bawah kepemimpinan Perdana Menteri James Marape, memiliki pendekatan yang berbeda dibandingkan pemerintahan sebelumnya, dan bertekad untuk memperkuat hubungannya dengan Indonesia.

“Dan kami menantikan dalam bulan-bulan mendatang kunjungan Presiden Indonesia di Papua Nugini. Kami ingin memastikan bahwa ketika Presiden (Indonesia) datang, kita sudah memiliki kesepakatan untuk meratifikasi dan menandatangani kerja sama untuk kepentingan kedua negara,” tutur dia.

“Kami telah melihat Indonesia sebagai mitra yang sangat strategis, mitra yang sangat kuat, mitra tradisional kami, dan kami berharap dapat melanjutkan hubungan sekarang ini ke masa depan,” kata Tkatchenko, menambahkan.

Menteri Luar Negeri Papua Nugini Justin Tkatchenko mengatakan negaranya harus banyak belajar dari Indonesia, terutama dalam kemandirian ekonomi

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News