Menpora Siapkan Draf Protokol Kesehatan Bidang Olahraga di Era New Normal

Menpora Siapkan Draf Protokol Kesehatan Bidang Olahraga di Era New Normal
Menpora Zainudin Amali saat jumpa pers secara virtual bersama media di Jakarta, Jumat (29/5) untuk membahas beberapa draf protokol kesehatan di bidang olahraga menuju era New Normal di tengah pandemi. Foto: Humas Kemenpora 

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Zainudin Amali menegaskan dunia olahraga di Indonesia tidak boleh berhenti karena adanya Covid-19. Oleh karena itu, dirinya saat ini sedang merumuskan beberapa draf untuk menjadi protokol kesehatan di bidang olahraga menuju era New Normal di tengah pandemi. 

“Di tengah pandemi ini kita harus tetap produktif, saat ini kami sedang menyusun draf yang nantinya akan dijadikan protokol kesehatan di bidang olahraga setelah berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait seperti Kemenkes, Kemenko PMK, BNPB dan berbagai sektor terkait lainnya," kata Menpora saat jumpa pers secara virtual bersama media di Jakarta, Jumat (29/5) sore. 

Kompetisi/kejuaraan/pertandingan baik olahraga prestasi maupun olahraga-olahraga yang ada di tengah masyarakat, pelaksanaan pelatda maupun pelatnas akan dilaporkan kepada Presiden di dalam Rapat Terbatas Kabinet. 

Menurut Menpora, Kemenpora, KONI Pusat, NOC Indonesia dan Formi Nasional akan memberikan draft yang nanti akan menjadi keputusan resmi pemerintah.

“Kemenpora tetap berpatokan pada Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 kita akan lihat tahap olahraga ini masuk ke tahap keberapa, kita tidak akan membuat aturan sendiri tanpa koordinasi dengan berbagai pihak lain jadi produk yang akan dikeluarkan nantinya sebagai protokol di bidang keolahragaan adalah produk resmi dari pemerintah," tuturnya. 

Ketua Umum FORMI Nasional Hayono Isman mengapresiasi langkah yang dilakukan Kemenpora yang sedang mempersiapkan draft protokol Covid-19 dalam rangka menyongsong New Normal.

"Formi sebagai wadah berhimpun dari lebih 60-an induk organisasi yang anggotanya jutaan di seluruh Indonesia melihat langkah Kemenpora ini sebagai sesuatu yang penting," ujarnya. 

"Langkah ini selain untuk memutus dan pemulihan dari Covid-19 tetapi juga membuat olahraga berperan menjadi motor percepatan pemulihan dari pandemi selain didukung dengan disiplin masyarakatnya yang tinggi," kata Hayono. 

Menpora Zainudin Amali mempersiapkan beberapa draf untuk menjadi protokol kesehatan di bidang olahraga menuju era New Normal di tengah pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News