Menpora Tegaskan DBON adalah Solusi Pembenahan Ekosistem Olahraga Nasional

Menpora Tegaskan DBON adalah Solusi Pembenahan Ekosistem Olahraga Nasional
Menpora Zainudin Amali. Foto: Amjad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan saat ini Kemenpora memiliki desain besar olahraga nasional atau DBON.

Dalam desain besar itu, Menpora Amali menuangkan olahraga yang dibahas mulai dari hulu sampai hilir.

"Desain besar olahraga nasional ini lahir setelah adanya arahan Bapak Presiden Joko Widodo yang memerintahkan kami dan stakeholder terkait yaitu mereview ekosistem keolahragaan nasional,” ujar Menpora Amali dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 atau FMB9 secara virtual dari Kemenpora, Jakarta, Senin (13/9).

Menpora juga menegaskan olahraga merupakan hal penting dalam membangun karakter bangsa.

“Olahraga menjadi penting membangun karakter bangsa, untuk nasionalisme, dan patriotisme. Kegiatan olahraga harus dipandang sebagai investasi, bukan biaya semata. Kita harus ubah paradigma bagaimana olahraga ini menjadi kebutuhan,” kata Menpora Amali.

Menpora Amali mengibaratkan, saat ini olahraga belum ditempatkan sebagai menu utama makanan. Melainkan sebagai makanan pembuka atau penutup.

Padahal, Menpora Amali mengharapkan pembangunan sumber daya manusia yang memiliki karakter dan memiliki kemampuan untuk bersaing.

“Selama ini kita menempatkan olahraga kalau saya sering ibaratkan ini bukan sebagai makanan utama, tetapi makanan pembuka atau penutup. Padahal kita mengharapkan pembangunan sumber daya manusia yang berkaratker, yang tangguh, yang punya kemampuan untuk bersaing,” jelas Menpora Amali.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan saat ini Kemenpora memiliki desain besar olahraga nasional atau DBON.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News