Mensos Dorong Pemenuhan Kebutuhan Lumbung Sosial Antisipasi Dampak Puncak Musim Hujan

Mensos Dorong Pemenuhan Kebutuhan Lumbung Sosial Antisipasi Dampak Puncak Musim Hujan
Menteri Sosial Tri Rismaharini usai rapat koordinasi bersama pimpinan daerah di Kalteng membahas langkah-langkah mitigasi bencana untuk mengantisipasi puncak musim hujan Februari 2022. Foto: Kemensos.

jpnn.com, PALANGKARAYA - Menteri Sosial Tri Rismaharini bersama sejumlah kepala daerah di Kalimantan Tengah membahas langkah-langkah mitigasi bencana untuk mengantisipasi puncak musim hujan Februari 2022.

Rapat koordinasi ini merupakan kelanjutan dari kunjungan lapangan Mensos ke lokasi pengungsian di GOR KONI Palangkaraya dan lokasi bencana di Kampung Baru, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut.

Hadir dalam rapat ini perwakilan empat kabupaten/kota, yakni Kotawaringin Timur, Katingan, Pulang Pisau dan Palangkaraya.

Dalam pertemuan tersebut, setiap peserta memaparkan kondisi daerahnya, termasuk menentukan koordinat untuk pendirian lumbung sosial.

Mensos Risma menekankan lumbung sosial merupakan sarana untuk membantu masyarakat terdampak bencana agar tetap memiliki akses terhadap kebutuhan pokok.

“Di Sintang (Kalimantan Barat), sudah satu bulan setengah dalam kondisi darurat. Mereka juga mengalami mati lampu,” beber Mensos Risma.

Karena itu, Risma berharap di lumbung sosial tersebut tidak hanya berisi bahan makanan, tetapi juga ada kebutuhan lainnya seperti genset, bahan bakar, perahu karet, penjernih air, pompa air, dan tenda.

Kepala daerah yang menghadiri rakor tersebut menyatakan apresiasi terhadap inisiatif dan dukungan Mensos Risma dalam mengatasi dampak bencana.

Mensos mendorong kepala daerah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi bencana saat puncak musim hujan