Mensos Risma Prioritaskan Penyandang Disabilitas di Program Vaksinasi

Mensos Risma Prioritaskan Penyandang Disabilitas di Program Vaksinasi
Menteri Sosial Tri Rismaharini. Foto: Kemensos.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial berperan memastikan para atlet penyandang disabilitas pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI 2021 telah menjalani vaksinasi.

Hal ini merupakan bagian dari kebijakan Kemensos yang menempatkan vaksinasi bagi penyandang disabilitas sebagai prioritas.

"Ini merupakan PR kami yang paling berat karena banyak disabilitas yang takut vaksin. Ini yang perlu kami sosialisasikan," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini di Jakarya, Senin (27/9).

Di rapat koordinasi tingkat menteri mengenai "Penyelenggaraan PON XX Papua 2021" melalui video conference itu, Mensos Risma meminta bantuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar sebelum akhir Oktober seluruh atlet dan pelatih bisa divaksin.

Dia menegaskan berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Percepatan Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI di Provinsi Papua, Kemensos bertugas memberikan dukungan kepada para atlet.

Untuk percepatan vaksinasi, Kemensos melakukan pendataan hingga pendampingan.

Vaksinasi bagi penyandang disabilitas menjadi prioritas karena mereka merupakan salah satu kelompok yang rentan terpapar virus Covid-19.

"Ini juga merupakan wujud jaminan negara atas hak kesehatan bagi penyandang disabilitas," tegas Mensos Risma.

Vaksinasi bagi penyandang disabilitas menjadi prioritas karena mereka termasuk kelompok yang rentan terpapar virus Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News