Mentan Didesak Rombak Eselon I Kementan

Buntut Kisruh Proyek Pupuk

Mentan Didesak Rombak Eselon I Kementan
Mentan Didesak Rombak Eselon I Kementan
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan), Suswono, didesak untuk segera merombak jajaran eselon I Kementan. Desakan terhadap menteri asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS)  itu sebagai respon kisruh proyek pupuk hayati dan dekomposer cair di Kementan senilai Rp 81 miliar.

Anggota Komisi IV DPR yang membidangi pertanian, Viva Yoga Mauladi, menyatakan bahwa kisruh proyek pupuk menunjukkan adanya ketidakbecusan pejabat di Kementan yang harusnya membantu Mentan menjalankan program pemerintah di sektor pertanian. Menurut Viva, akibat kisruh proyek pupuk itu maka jutaan petani dirugikan dan program pemerintah yang sudah disusun menjadi tersendat.

“Daripada dibiarkan kemudian yang dirugikan jutaan petani, lebih baik ya segera diganti saja. Karena menteri sebagai kuasa pengguna anggaran tidak mungkin mengurusi hal teknis soal tender," kata Viva di Jakarta, Selasa (9/10).

Lebih lanjut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan, meski menteri menjasi kuasa pengguna anggaran namun proyek pengadaan pupuk tentu sudah didelegasikan ke pada dirjen di Kementan. "Jadi kalau bikin ruwet ya, ganti saja,” cetusnya.

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan), Suswono, didesak untuk segera merombak jajaran eselon I Kementan. Desakan terhadap menteri asal Partai Keadilan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News