JPNN.com

Pembelian Saham Newmont Dihambat?

Menteri ESDM Gantung Surat

Sabtu, 18 Juni 2011 – 09:53 WIB
Menteri ESDM Gantung Surat - JPNN.com
Menteri ESDM Gantung Surat
JAKARTA - Menteri ESDM Darwin Z Saleh hingga saat ini masih menggantung surat persetujuan yang dikirimkan Kementerian Keuangan dalam proses penyelesaian pembelian tujuh persen saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT). Kemenkeu belun tahu pasti apa sebab Kementerian ESDM tak kunjung merespon surat itu.

Padahal, perjanjian jual-beli sudah ditandatangani Kepala Pusat Investasi Pemerintah (PIP) dengan pihak Newmont sejak 9 Mei 2011 lalu, namun sampai sekarang belum ada respons dari Menteri ESDM.

Dirjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Hadiyanto menjelaskan, surat ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu seharusnya dikirimkan oleh Kementerian ESDM. Setelah memperoleh persetujuan BKPM, baru dikirimkan kepada Kemenkeu.

"Proses ini sesuai dengan aturan Kementerian ESDM No 18/2009 harus ada usulan rekomendasi oleh Menteri ESDM yang ditandatangani Dirjen Minerba ke Newmont dengan tebusan BKPM. Jadi menunggu ESDM merespons surat Newmont yang ditebuskan ke BKPM," kata Hadiyanto di Jakarta, Jumat (17/6).

Hadiyanto mengatakan, awalnya pihaknya telah menyampaikan surat ke ESDM pada 18 Mei, yang menerangkan divestasi saham Newmont telah dilakukan. Namun, jika terdapat syarat yang masih dibutuhkan, maka perlu diselesaikan oleh Dirjen Minerba Kementerian ESDM terhadap PT NNT.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
arwan