Menteri Ganteng pun Minta Maaf ke Rieke Pitaloka

Menteri Ganteng pun Minta Maaf ke Rieke Pitaloka
Thomas Lembong. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perdagangan Thomas Lembong terpaksa meminta maaf kepada anggota fraksi PDI Perjuangan, Rieke Diha Pitaloka, yang terlihat geram saat rapat kerja Komisi VI DPR dengan Mendag berlangsung panas.

Rapat tersebut sebenarnya membahas mengenai rancangan APBN-P untuk Kementerian Perdagangan tahun 2016. Namun, pembahasan rapat melebar ke masalah TKI. Pembahasan itu dipicu oleh pernyataan Lembong dalam rapat kerja nasional Kadin pada 1 Juni lalu, yang menyebut TKI bisa diekspor.

Rieke, sebagai salah satu anggota DPR yang sering menyuarakan pentingnya perhatian bagi TKI, masih tak terima dengan pernyataan Lembong.

Tanpa peduli dengan agenda rapat, Rieke langsung menggebrak dan meminta penjelasan Lembong mengenai masalah itu.

"Paradigma berpikir Menteri Perdagangan perlu diprogram ulang. Nggak bisa TKI disamakan dengan barang (yang bisa diekspor). Kalau Bapak menyamakan TKI dengan barang, berarti sama saja dengan human trafficking dan ini melukai hati seluruh TKI, ujar Rieke.

Rieke pun mendesak menteri berparas ganteng itu meminta maaf dan menarik semua perkataan itu. "Tidak boleh diulangi lagi. Pernyataan pengirimam TKI sebagai barang harus dicabut," tegasnya.

Diomelin seperti itu, Lembong terlihat panik. Dia memang berusaha tetap senyum, tapi senyumannya terlihat hambar. Setelah beberapa saat, dia pun mencoba memberi klarifikasi. Dia mengaku salah ucap saat berbicara di rapat kerja nasional Kadin yang dimaksud.

"Bu Rieke yang saya hormati, perlu saya akui, saya salah bicara, saya salah omongan. Bukan ekspor orang, tapi ekspor jasa," ucapnya.

JAKARTA - Menteri Perdagangan Thomas Lembong terpaksa meminta maaf kepada anggota fraksi PDI Perjuangan, Rieke Diha Pitaloka, yang terlihat geram

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News