Selasa, 11 Desember 2018 – 22:52 WIB

Menteri Hanif: Kalau Tidak Inovatif, Anda Lewat

Rabu, 14 Maret 2018 – 17:44 WIB
Menteri Hanif: Kalau Tidak Inovatif, Anda Lewat - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Inovasi berperan penting dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM)  di Indonesia.

Inovasi menjadi hal yang sulit dielakkan bagi setiap individu, organisasi, kelompok maupun bangsa agar tetap bertahan dan berdaya saing.

“Kalau dulu orang teriak merdeka atau mati, maka hari ini teriak inovasi atau mati. Kalau tidak inovatif, Anda lewat. Jadi, inovasi penting untuk tingkatkan daya saing bangsa,” kata Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri dalam Learning Innovation Summit 2018 bertajuk Peran Pendidikan Vokasi dalam Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia di Jakarta, Rabu (14/3).

Hanif mengatakan, tantangan saat perkembangan teknologi informasi begitu masif.

Karena itu, industri tanpa terasa tiba-tiba menjadi tidak relevan dan tidak kompetitif lagi.

Hal itulah yang membuat pemerintah terus mendorong industri agar bertransformasi dari old industri menjadi new industri.

“Kalau industrinya dengan perkembangan zaman tak berubah, maka dia akan begitu cepat jadi tidak relevan dan kalah bersaing. Kalau industri tak berubah, maka ada dua hal terjadi industrial shock, baik bussiness shock atau manpower shock. Mungkin dia bisa bersaing dan survive tapi konsekuensinya adalah PHK secara masif sehingga menimbulkan instabilitas di perusahaan bahkan instabilitas politik,” kata Hanif.

Dia menambahkan, pemerintah terus mendorong semua industri melakukan transformasi atau inovasi dari model lama ke model baru.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar