Menteri Johnny Dorong Perguruan Tinggi Siapkan Talenta Digital

Menteri Johnny Dorong Perguruan Tinggi Siapkan Talenta Digital
Menkominfo Johnny G. Plate nengatakan soal talenta digital. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan kerja sama dan kontribusi dari perguruan tinggi dalam menyiapkan kebutuhan talenta digital nasional sangat dibutuhkan.

Menurut dia, pemerintah akan terus berupaya menghadirkan konektivitas digital yang bermanfaat untuk masyarakat sekaligus membangun talenta digital.

“Saya mengambil kesempatan ini untuk menyampaikan usaha pemerintah memastikan penggelaran infrastruktur yang merata di Indonesia, sekaligus untuk menyiapkan talenta digital Indonesia di semua tingkatan keahlian,” kata Johnny di Grha Sabha Pramana Unibersitas Gadjah Mada, Rabu (18/5).

Dia menilai pihaknya dan Universitas Gadjah Mada telah lama bekerja sama dalam mengisi dan menyiapkan program pengembangan kapasitas talenta digital khususnya di lingkungan perguruan tinggi.

“Saya berterima kasih kepada rektor, para ahli, akademisi Universitas Gadjah Mada yang telah memberikan kontribusi dan bekerja sama dengan Kemenkominfo untuk mengisi kebutuhan talenta digital di Indonesia,” ujar mantan legislator itu.

Johnny menilai adopsi teknologi baru Metaverse telah dilakukan di banyak negara di dunia, seperti Tiongkok, Korea Selatan, dan Barbados.

Namun, dia mengingatkan hal yang perlu diperhatikan tidak saja mengadopsi teknologi Metaverse, melainkan juga menyiapkan talenta digital untuk memberikan dukungan yang kuat.

“Suatu keniscayaan Indonesia harus menyiapkan pemanfaatan teknologi Metaverse, saat kita di Indonesia juga menggelar secara masif infrastruktur hulu digital, baik fiber optik, backbone, fiber link, microwave link, maupun high troughput satellite dengan kapasitas yang besar."

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan kerja sama dan kontribusi dari perguruan tinggi dalam menyiapkan kebutuhan talenta digital nasional sangat dibutuhkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News