JPNN.com

Menteri LH Canangkan Pembatasan Penggunaan Plastik

Selasa, 07 Juni 2011 – 16:34 WIB Menteri LH Canangkan Pembatasan Penggunaan Plastik - JPNN.com
JAKARTA - Karena termasuk sampah yang sulit terurai, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) merencanakan segera mencanangkan pembatasan penggunaan plastik pada seluruh aktifitas masyarakat. Meski baru tahap rencana, namun pembatasan penggunaan plastik, diharapkan bisa mendukung aksi menjaga lingkungan yang juga tengah giat digaungkan dunia internasional. Target dari rencana pembatasan penggunaan plastik ini diharapkan bisa dilaksanakan tahun ini juga.

"Kita punya target, dalam tahun ini minimal 7 persen sampah, termasuk plastik, bisa diolah lagi. Ujicoba di daerah tertentu seperti DIY. Kalau seluruh Indonesia, kita juga targetkan 7 persen pengolahan sampah bisa diolah," kata Menteri LH Gusti Muhammad Hatta, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (7/6).

Rencananya, KLH akan mulai melakukan pembatasan plastik di swalayan-swalayan, toko, pasar-pasar tradisional dan tempat publik lainnya. "Kita juga mengimbau swalayan supaya membatasi penggunaan plastik. Kepada masyarakat pun kita minta, kalau dari rumah cukup membawa satu kantong plastik, pulangnya juga satu kantong plastik," kata Gusti.

Sebenarnya ada banyak alternatif lainnya, kata Gusti, selain menggunakan plastik. Seperti menggunakan hasil daur ulang atau kerajinan bambu untuk membawa barang-barang tertentu. Kalaupun harus menggunakan plastik, maka ia pun menyarankan untuk menggunakan plastik yang mudah hancur.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...