Menteri Nadiem Pastikan Program 1 Juta PPPK Guru akan Dituntaskan, Honorer Yakin?

Menteri Nadiem Pastikan Program 1 Juta PPPK Guru akan Dituntaskan, Honorer Yakin?
Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana berjanji mempercepat penerbitan SK PPPK guru 2021. Ilustrasi Foto: Ilustrasi/ANTARA FOTO/ Nova Wahyudi

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim memastikan program 1 juta PPPK guru akan dituntaskan.

Dia pun kembali menegaskan komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer, salah satunya melalui rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Pimpinan Komisi X DPR RI bilang program 1 juta PPPK guru ini sebenarnya merupakan prestasi. Menurut saya memang prestasi karena sekitar 600 ribu guru honorer sudah menjadi ASN PPPK," tutur Menteri Nadiem, Sabtu (10/6).

Dia menegaskan pemerintah tetap komitmen menuntaskan program 1 juta PPPK ini. 

Itu sebabnya dalam rekrutmen PPPK guru 2023, Kemendikbudristek mengusulkan kuota 601.386.

Namun, apakah akan terpenuhi semua kuota tersebut, Nadiem Makarim menegaskan semua tergantung pemda. Apakah akan mengusulkan semaksimal mungkin atau tidak.

Dia juga berkali-kali mengungkapkan seharusnya pemda tidak perlu ragu mengusulkan formasi PPPK guru 2023 sebanyak mungkin agar guru lulus PG atau prioritas satu (P1) bisa selesai tahun ini.

Anggaran gaji dan tunjangan PPPK guru 2023 sudah disiapkan dalam dana alokasi umum (DAU). Makin banyak usulan formasinya, kian banyak juga guru honorer yang akan terakomodasi dalam PPPK 2023.

Menteri Nadiem memastikan program 1 juta PPPK Glguru akan dituntaskan, apakah honorer yakin?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News